Klasifikasi Berdasarkan Sudut Pandang Ilmu
Ada berbagai bentuk
untuk mengklasifikasikan anak tunagrahita, adapun klasifikasi berdasar dari
sudut pandang disiplin keilmuan yang digunakan oleh para ahli yang
mengelompokkan anak tunagrahita itu sendiri. Dari sudat kedokteran yang
merupakan bentuk klasifikasi tertua dalam mengelompokkan anak tunagrahita
dikenal dengan istilah anak debil, imbesil dan idiot. Sampai saat ini
isitilah-istilah tersebut masih digunakan
diberbagai bidang termasuk pendidikan. Klasifikasi yang diberitahukan berdasar dari sudut pandang psikologis adalah terbelakangan mental ringan (mild), sedang (moderate), berat (severe) dan sangat berat (profound). Bidang pendidikan memberikan klasifikasi dengan isitilah mampudidik (educable), mampu latih (trainable), dan perlu rawat (totally dependen).
diberbagai bidang termasuk pendidikan. Klasifikasi yang diberitahukan berdasar dari sudut pandang psikologis adalah terbelakangan mental ringan (mild), sedang (moderate), berat (severe) dan sangat berat (profound). Bidang pendidikan memberikan klasifikasi dengan isitilah mampudidik (educable), mampu latih (trainable), dan perlu rawat (totally dependen).
Klasifikasi yang
berdasarkan bentuk-bentuk klinis yang Nampak atau menyertai pada lahiriah dan
raut muka (facetomi) anak tunagrahita meliputi:
Hidrocyphalic yaitu
ditandai dengan proposi kepala lebih besar dari normal juga sering disebut
dengan macrocyphalic yang berisi cairan. Microcypalic, proporsi bentuk kepala
lebih kecil dari ukuran normal. Down Syndrom, juga sering dikenal dengan
istilah mongolism, dikarenakan secara facetomi dan bentuk tubuhnya menyeruapi
orang/bangsa mongol, kelainan ini memiliki
keunikan yaitu hampir semua anak down’s syndrome diseluruh dunia
mepunyai wajah dan postur tubuh yang samaseperti saudara kembar. Down’s Syndrom
merupakan suatu bentuk keterbelakangan mental yang dikarenakan adanya kelainan
kromosom. Kritin, adalah bentuk
keterbelakangan mental dengan ditandai adanya bentuk kerdil dari tubuh anak dan
terlihat kering.
Daftar Pustaka: Purwanto, Heri 1998.Ortopedagogik Umum.Yogyakarta:Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta
Daftar Pustaka: Purwanto, Heri 1998.Ortopedagogik Umum.Yogyakarta:Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta
isinya bagus, tp akan lebih jelas kalau bisa dijelaskan pengertian dari masing - masing pengklasifikasiannya..semoga bermanfaat...:)
BalasHapusterimakasih atas masukan yang telah diberikan, :)
Hapus